Kamis, 28 Oktober 2010

Modifikasi Ban Super Lebar


Akhirnya setelah sekian lama keinginan untuk makai ban yang super gede terwujud juga :). Berikut saya akan berbagi cerita mengenai tetek bengek aplikasi ban super lebar pada V-ixion. Pertama sekali yang saya lakukan dulu adalah mencari informasi2 lewat internet, informasi dari temen2 yang makai ban gede dan juga dari teknisinya juga. Dulu saya beli beli pelek, ban, dan juga pemasngannya di tempat yang terpisah, jadi pada muter2 tuh…. Mana jalannya gak se-arah lagi. Cukup sekitar 2 jam gak ada sudah selesai kok. Saya beli bannya dengan ukuran depan 110/70-17 dan belakang 130/70-17, beli depan dan belakang dengan merek CORZA cukup dengan Rp 555.000,- (cat: ban tubeles alias gak pake ban dalem) serta tutup pentil @ Rp 10.000,-. Setelah itu beli pelek POWER kena Rp 1.000.000,-. Oya jangan lupa ketika beli pelek di cek dulu peleknya sudah OK apa belum, ngeceknya dengan cara melihat seputaran bagian pelek yang melingkar itu apakah udah bener2 mulus rata apa enggak dan juga pentilnya. Karena pengalaman saya dulu ban depan vixie sya kok bocor halus dan tiap 1 hari sekali harus ngisi lagi anginnya, setelah dicek ditukang tubles ternyata bukan bannya yang bocor tapi peleknya. Tempat bocornya itu daerah sekitar sisi pelek yang melingkar dan bekasnya seperti ada ‘dempulan’ cat yang berlubang. So, sekali lagi hati2 ketika mau membeli barang baru maupun bekas! Kemudian, biaya pemasangan pelek dan ban ke motor Rp 100.000,-. Untuk catatan juga karena ban depan menggunakan ukuran 110 maka spakbor yang stand enggak muat untuk dipasangin, so harus diganti dengan yang lebih besar. Yang saya ketahui spakbor depan macemnya ada 2 (versi Ducati, dan versi Ninja 250). Oya, untuk hasil yang maksimal pakailah angin ban dengan menggunakan gas Nitrogen, cukup dengan @ Rp 4.000,-. Perbedaan yang saya rasakan cukup terasa sekali, semula ketika pas menggunakan oksigen terasa kurang stabil dan agak berat gtu. Tapi setelah saya ganti dengan nitrogen, ternyata ban terasa lebih nempel ke aspal dan terasa stabil, ringan, dan juga terasa manteb dan PD ketika dipake kenceng… Pokoknya ma’nyus dah… :D
Nah sekarang baru cerita tentang pemasangannya, setelah saya amat-amati tuh teknisinya ternyata enggak langsung plug n play alias pasang dan pakai. Tapi perlu mengakali juga, untuk ban depan jelas perlu diganti spakbornya dengan yang lebih besar. Kemudian, untuk yang ban belakang harus motong penutup rantainya (cuman dikit doank), setelah itu bagian pipa besi yang terhubung ke klaker (klahar) yang paling kiri digrendo (dikurangin dikit) lalu bagian kanan dikasih tambahan ring 1 (satu) saja.
Dan yang tidak kalah penting lagi sebaiknya kalo sodara2 mw modif motor tur aman so percayakan pada modifikator bengkel terkenal n juga sekalian mengakrabkan diri. Yach… untuk mengantisipasi kalo nanti ada hal2 yg kurang pas bisa ditanyain dengan gampang n bener2 diperhatiin betul motor yang akan dimodif. Tak lupa juga berikan uang tips awal pada modifikator sebelum dia mengerjakan motor modifikasi. OK?!!! Selamat Bermodifikasian….
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews