Minggu, 26 April 2009

TIPS MEMILIH PERGURUAN TINGGI


Setelah kita berjuang menghadapi Ujian Akhir Nasional tentunya kita bisa berbangga hati dan merasa lega apalagi kita sudah mendengar pengumuman lulus. Sebenarnya semua itu adalah baru permulaan untuk menuju dunia yang baru, yaitu menuju dunia kerja. Dimana kita dalam massa ini adalah massa transisi atau peralihan untuk menjadi yang lebih dewasa dan lebih berhati hati dalam memilih segala sesuatunya. Sebenarnya Perguruan Tinggi itu berfungsi untuk memfasilitasi kita dalam mendapatkan Gelar Sarjana yang berguna untuk melengkapi persyaratan dalam dunia kerja. Berikut tips – tips dalam memilih Perguruan Tinggi :

  1. Pastikan terlebih dahulu jurusan yang anda minati di Universitas pilihan anda Terakreditasi A/B.
    Akreditasi adalah pengakuan/penilaian yang diberikan kepada suatu lembaga pendidikan dari pihak lembaga pemerintah. Karena sebagian besar perusahaan melihat potensi kerja dari Akreditasi dalam penerimaan lowongan pekerjaan. Anda dapat melihatnya melalui kantor BK dari sekolah anda atau dari website Universitas
  2. Lihat dan bandingkan seberapa besar penghidupan yang menjadi kota tujuan anda
  3. Pastikan tempat Universitas yang anda tuju memberikan kenyamanan, baik lingkungan dalam kampus dan tempat kosan anda. Misalnya dalam suasana yang cukup panas apakah anda nantinya dapat merasa nyaman dalam belajar?
  4. Pilihlah Perguruan tinggi yang biayanya relatif terjangkau dan apalagi syukur-syukur memperoleh Akreditasi A
  5. Perguruan Tinggi yang bagus adalah Perguruan Tinggi yang memiliki fasilitas pembelajaran yang lengkap dan memiliki Dosen-Dosen yang berkualitas yang dapat dilihat dari Gelar Sarjananya

Tambahan lagi, pada dasarnya perusahaan dalam membuka kesempatan kerja memberikan patokan nilai IPK minimal 3,00. Jadi mulai dari awal masuk perkuliahan persiapkan diri anda untuk dapat mencapai nilai IP tesebut. Biasanya pada semester I dan II itu adalah dasar mata kuliah yang diberikan pada mahasiswa baru. Jadi kalau anda bisa menguasai maka semester seterusnya akan bisa menguasai juga. Dan juga jika dari SMA tugas anda kalau mengerjakan hanya menumpang pada teman maka sekarang mulailah untuk mengerjakan tugas dengan mandiri atau diri sendiri.

Berikut saya berikan dasar-dasar akuntansi, bagi anda yang dulunya IPA dan masuk ke jurusan Akuntansi:

Harta = Hutang + Modal

Harta (bertambah di DEBET, berkurang di KREDIT)

Hutang (bertambah di KREDIT, berkurang di DEBET)

Modal (bertambah di KREDIT, berkurang di DEBET)

Pendapatan (bertambah di KREDIT, berkurang di DEBET)

Biaya (bertambah di DEBET, berkurang di KREDIT)

Semoga tips di atas dapat membantu anda dalam memilih Perguruan Tinggi yang bagus. Dan SELAMAT MEMASUKI DUNIA YANG BARU… SEMANGAT… (^_^)

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews