Selasa, 06 Oktober 2009

Upaya dalam Mewujudkan Cita-Cita Bangsa

1. Adanya suatu tujuan dan landasan perjuangan bangsa yang mampu mempersatukan seluruh bangsa (terdapat pada alinea IV Pembukaan UUD’45 yang merupakan skala prioritas)

Tujuan Umum:
a) Mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD’45 dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI) dari Sabang sampai Merauke.
Tujuan Khusus Bangsa Indonesia pada alinea IV Pembukaan UUD’45: a) Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia b) Memajukan kesejahteraan umum c) Mencerdaskan kehidupan bangsa d) Ikut melaksanakan ketertiban dunia Dari keempat poin di atas maka dapat kita simpulkan, bahwa negara Indonesia melindungi negara tanah air dan seluruh warga negara Indonesia baik yang berada di dalam maupun di luar negri. Selain itu, negara kita menginginkan situasi dan kondisi rakyat yang bahagia, makmur, adil, sentosa dan lain sebagainya. Di samping itu, negara Indonesia turut berperan aktif dalam menjaga perdamaian dunia untuk kepentingan bersama serta tunduk pada aturan-aturan perserikatan bangsa-bangsa/PBB dalam mewujudkan perdamaian dunia
Landasan: a) Idiil : Pancasila b) Konstitusional : UUD’45 c) Operasional : Propenas (Program Pembangunan Nasional) d) Visional : Wasantara (Wawasan Nusantara)

2. Adanya kemampuan untuk melihat, mengenal dan menyadari segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan terhadap tujuan dan landasan perjuangan bangsa

3. Kemampuan dan tekad yang kuat untuk mengatasi segala AGHT(ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan)

4. Adanya strategi nasional yang menunjukkan kerangka dan arah gerak perjuangan bangsa Indonesia

5. Adanya mekanisme yang tepat untuk melaksanakan strategi nasional yang telah ditentukan

6. Adanya pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta berkeadilan sosial yang dapat dinikmati oleh rakyat banyak.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

terimakasih....sangat membantu....

Admin mengatakan...

You are welcome. :)

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews